PROPOSAL USAHAMAKANAN KUE PANCONG


PROPOSAL USAHAMAKANAN
KUE PANCONG
 










Di Susun Oleh:
HOLID HIDAYATULLAH
Kelas XII BDP  II

PEROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
SMK BUMI PUTERA PAMIJAHAN BOGOR
2019-2020




Lembar Pengesahan

PROPOSAL USAHA
”KUE PANCONG”
Laporan ini telah di periksa dan di persetujui pada Tanggal ..................2020
Oleh





          Kepala program                                                         Pembimbing



   Ulsum Desyanti, S.Pd                                             Siti Halimah S.P



Menyetujui,
Kepala Sekolah SMK Bumi Putera Pamijahan




Ade Lesmana S.Pd



Kata Pengantar

Bismillahirahmanirrahim
Puji dan syukur marilah kita panjatkan atas Kehadiran ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya sehingga saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan sebaik mungkin.
Solawat serta salam senantiasa kita curahakan kepada jungjunan kita yaitu NABI besar MUHAMMAD SAW, Beserta keluarganya,sohabatnya dan kita semua selaku umatnya di akhir jaman ini semoga mendapatkan sayafaatnya di yaumil akhir, Amiiin.
Dengan segala hormat dan kerendahan hati saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal ini.
Proposal ini saya buat sebagai syarat untuk mengikuti ujian nasional dan Proposal ini masih jauh dari kesempurnaan.oleh karna itu, kritik dan saran yang membangun semua pihak saya berharap untuk penyempurnaan proposl usaha ini.
Produk yang saya buat ini bertujuan untuk melestarikan KUE PANCONG sebagai makanan tradisional.
Saya berharap semoga proposal usaha ini memberi manfaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi siswa SMK BUMI PUTERA.

                                                                        Bogor,     Januari 2019
                                                                                                Penulis








Daftar Isi



LEMBAR PENGESAHAN............................................................................ ii
KATA PENGANTAR..................................................................................... iii
DAFTAR ISI ..................................................................................................  iv
BAB I PENDAHULUAN ..............................................................................  1
A. Latar Belakang............................................................................................ 1
B. Visi Dan Misi............................................................................................... 2
BAB II ANALISIS PASAR........................................................................... 3
             A. Target Pasar.................................................................................... 3
             B. Situasi Persaingan ..........................................................................  3
             C. Strategi Pemasaran.......................................................................... 3
             D. Keunggulan Produk .......................................................................  3
             E. Analisis SWOT............................................................................... 3
BAB III PENGELOLAAN PRODUK ..........................................................  3
               A. Tempat Produksi ..........................................................................  5
               B. Alat Dan Bahan ...........................................................................  5
               C. Cara Pembuatan Produk ..............................................................  5
               D. Analisis 4P ...................................................................................  5
               E. Perhitungan Biaya ........................................................................  6
BAB IV PENUTUP......................................................................................... 9
               A. Kesimpulan................................................................................... 9
               B. Saran............................................................................................. 9



BAB I
PENDAHULUAN


A.  LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kemajuan-kemajuan hampir di seluruh aspek  kehidupan manusia.  Di era modern ini berbagai alat canggih dan mutakhir semakin mengiringi kehidupan manusia sehari-hari. Imbasnya hal-hal tradisionalpun perlahan semakin ditinggalkan dalam rangka penyesuaian hidup sebagai manusia modern.
Salah satu contoh yang mulai ditinggalkan adalah makanan-makanan tradisional yang proses dan penyajiannya memakan waktu cukup lama bila dibandingkan dengan berbagai makanan cepat saji (fast food) yang saat ini terdapat dimana-mana. Tentunya, segala sesuatu yang cepat saji dan modern tak selamanya memiliki segalanya; makanan fast food cenderung berlemak dan tidak sehat. Lalu bagaimana cara menemukan solusi agar makanan cepat saji tetap enak dan sehat?
Kue Pancong merupakan salah satu kue basah jajanan tradisional khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang nikmat. Kue ini disajikan dalam berbagai varian rasa yakni green tea, buble gum, cheese, oreo, strawberry, dan chocolate  yang cukup mengganjal rasa lapar pada perut.  Kue ini dapat disajikan dengan kurun waktu 5-10 menit sehingga tak memakan waktu lama untuk segera melahapnya.
Penyajiaannya yang cepat, rasa yang enak, nikmat dan tetap sehat membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan. Usaha kue pancong dapat dijalankan secara sederhana serta sasaran konsumennyapun luas. Dengan berlandaskan alasan-alasan tersebut saya berniat membuka usaha kue pancong aneka rasa.



B. VISI DAN MISI
1.  VISI :
Visi usaha ini adalah menjadikan masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner tradisional khas Indonesia dengan mengadakan pendekatan kepada masyarakat bahwa kue pancong adalah cemilan yang sehat, enak, dan mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa.
2.  MISI : 
Misi dari usaha ini adalah:
a.    Mengadopsi resep tradisional bernuansa modern.
b.    Menjadikan kue cubit menjadi cemilan makanan yang berkelas.
c.    Membuat kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka rasa kue cubit.








                                            











BAB II
ANALISIS PASAR


A.      Target Pasar/Konsumen
Usaha penjualan KUE PANCONG ini akan di jual di sekitar Kampung Muara, wilayah Desa Cibunian.
B.       Situasi persaingan
Sejauh ini masih jarang orang lain berjualan KUE PANCONG, terutama di daerah muara. Namun, masih banyak juga pesaing yang bisa meniru produk yang saya buat.
C.      Strategi Pemasaran/Promosi
    Ada pun untuk pengenalan produk ini kepada masyarakat luar, saya awali di lingkungan rumah dan Daerah Muara terlebih dahulu. Atau juga saya terjun langsung ke lingkungan masyarakat agar Konsumen-konsumen tau keunggulan dan kelemahan produk saya.
D. Keunggulan Produk
1.    Bahan bahan mudah di dapat
2.    Enak, dan nikmat
3.    Harga terjangkau
E.   Analisis SWOT  
1. Strenght (Kekuatan)
a. Bahan baku mudah di dapat
b. Harga terjangkau
c. Kualitas terjamin
d. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
2.Weaknes (Kelemahan)
            a. Produk mudah ditiru
b. Harga bahan baku tidak stabil


3.  Opportunity (Peluang)
a. Pasar yang masih luas
b. Bahan baku yang mudah di dapat
c. KUE PANCONG Juga dapat jadi pilihan sebagai sarapan pagi, dan camilan.
4.  Threat (Ancaman)
a. Munculnya produk yang lebih enak dan lebih murah
b. Munculnya pesaing baru
c.Memungkinkan pihak lain untuk mengambil ide usaha yang telah di kembangkan.





















BAB III
PENGELOLAAN PRODUK

A.  Tempat Produksi
Saya memproduksiKUE PANCONG di wilayah Muara dan Daerah Cibinong.
B.  Alat dan Bahan
1. Alat
a.         Cetakan
b.        Pengait kue Pancong
2. Bahan
a.         Tepung Beras
b.        Kelapa
c.         Santan
d.        Telur
e.         Garam
f.              Mentega
g.        Gula Pasir
C.  Cara Pembuatan
1.    Rebus santan hingga mendidih, dinginkan, sisihkan.
2.    Campurkan tepung terigu dan tepung beras, telur, kelapa muda parut dan garam. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
3.    Siapkan cetakan rangin, olesi dengan margarin. Masukkan adonan hingga 3/4 cetakan. Masak dengan api kecil hingga matang.
4.    Nikmati dengan taburan gula halus dan air gula jawa bila suka.
D.  Analisis 4P
1.    Product (Produk)
KUE PANCONG
2.    Price (Harga)
Harga yang saya tetapkan adalah Rp. 1.000,-/pcs.

3.    Place (Tempat)
Untuk mempermudah pengembangan usaha dan menambah atau menarik daya beli masyarakat, saya menjual produk disekitar tempat tinggal saya dan tempat-tempat yang ramai atau sering dikunjungi.
4.    Promotion (Promosi)
Sistem   promosi   yang   akan   saya   lakukan   yaitu dengan memprompsiakannya secara langsung kepada konsumen.
E.  Penghitungan Biaya
1.  Biaya Bahan Baku
No.
 Nama Bahan
 Vol
 Harga
 Jumlah
1.
Tepung Beras
250gr
Rp.   8.000
Rp.   8.000
2.
Kelapa
¼ bagian
Rp.   5.000
Rp.   5. 000

Santan
4 bks
Rp. 12.000
Rp. 12. 000

Telur
2 butir
Rp.   6.000
Rp.   6.000

Garam
1 bks
Rp.   3.000
Rp.   3.000

Mentega
½ kg
Rp.   6.500
Rp.   6.500

Gula Pasir
¼ kg
Rp.   3.000
Rp.   3.000



 Total
=Rp.43.500

   2.   Biaya Peralatan
No.
Nama Alat
Vol
Harga
Jumlah
 1.
Cetakan kue pancong
1
Rp. 20.000
Rp. 20.000
 2.
Pengait kue Pancong
1
Rp.   5.000
Rp.   5.000
3.
Hekter
1
Rp.   7.000
Rp.   7.000



Total
=Rp32.000
Biaya PenyusutanRp.32.000: 720= Rp.44.444 di bulatkan Rp.45





3.Biaya perlengkapan
NO.
Nama Alat  
Vol
Harga
Jumlah
Keterangan
1.
Gerobak
1 buah
Rp. 2.000.000
Rp. 2.000.000


Kompor
1 buah
Rp.    120.000
Rp.    120.000

2.
Tabung Gas
1 buah
Rp.    100.000
Rp.    100.000




Total
=Rp.2.220.000

Biaya Penyusutan 2.220.000 / 1800 = 1.233,333 dibulatkan menjadi 1.250
NO.
Nama Alat       
Vol
Harga
Jumlah
Keterangan

Mika
1 pak
Rp. 2.500
Rp. 250


Isi Hekter
500
Rp. 3.000
Rp.     6


Kantong Palstik
50
Rp. 2.500
Rp.   50





Rp. 306

4.Biaya Promosi
NO.
Nama Alat
Vol
Harga
Jumlah
1.
Banner
1x1 m
Rp.25.000
Rp.25.000



Total
=Rp.25.000
Biaya penyusutan Rp.25.000 : 1080 hari = Rp.23.148 Dibulatkan menjadi 24

4. Biaya Personal
Transportasi                              Rp. 10.000
        Total                                 Rp. 10.000
Biaya bahan baku                      Rp. 43.500
     Biaya peralatan                     Rp.        45
     Biaya pelengkap                    Rp.  1.250
     Biaya promosi                       Rp.       24
     Biaya personal                       Rp.10.000 +
     Total                                     Rp. 54.819
5.  Aspek Keuangan
Total biaya                                        = Rp. 54.819
 Produk                                             = 250 pcs

a. Harga pokok perpcs                      = Jumlah biaya : Jumlah produk
                                                          = Rp.54.819: 250 pcs
                                                          = Rp.219,27 Dibulatkan 220/pcs
b. Harga jual perpcs = harga pokok + Keuntungan yang di inginkan
                                                          =Rp. 220 + (355% x 220)= Rp.1.000
c. Total pendapatan kotor = Jumlah produk x harga jual
                                                          = Rp. 250 x Rp. 1.000
                                                          = Rp. 250.000
d. Total pendapatan bersih = pendapatan kotor – jumlah biaya
                                                          = Rp. 250.000 – Rp.54.869
                                                          = Rp. 195.131
6. Keuntungan bersih yang di dapatkan
 a.  Keuntungan perminggu= keuntungan /hari x 1 minggu
                                                = Rp. 195.131 x 7 hari
= Rp. 1.365.917
 b.  Keuntungan perbulan = keuntungan /hari x 1 bulan
= Rp. 195.131 x 30 hari
= Rp. 5.853.930
c.    keuntungan pertahun= keuntungan /hari x 1 tahun
                                                =Rp. 195.131 x 360 hari
=Rp. 70.247.160










BAB IV
PENUTUP


  1. Kesimpulan
            Membuka usaha kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan, terlebih lagi produk yang disajikan memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri yang dapat menarik konsumen. Bisnis kue pancong ini menyajikan citra rasa yang beraneka ragam dengan khas tradisional Indonesia. Dengan segenap usaha, saya akan menjalankan bisnis ini dengan telaten hingga meningkatkan omset sehingga dapat menyebarkan cabang bisnis usaha. Dengan meningkatnya serta menyerbarnya gerak langkah usaha ini juga sekaligus berpartisipasi dalam memperkenalkan makanan khas tradisional Indonesia ke lebih khalayak luas.
  1. Saran
1.      Dalam berwirausaha di perlukan keyakinan, ketelitian dan percaya diri
2.      Seorang wirausaha harus kreatif dan inovatif



Komentar